Kamis, 18 November 2010

Tips menawar harga

Ngga bisa menawar harga ??? duh sayang banget sihhh !!! barang yang seharusnya bisa didapat dengan harga murah, bisa jadi lebih mahal kalau kamu gg punya skill yang satu ini . Tapi tenang, ada tips yang wajib dicoba nii supaya kamu dapat barang dengan harga lebih murah ,.

1.Survey Harga
Sebelum belanja , surnei dulu harga pasaran barang yang kamu incar.Cek dari satu toko ke toko lainnya atau tanya sama temen kamu yang udah oernah beli.Selanjutnya , kalau kamu udah tau harga pasar dan harga jual dengan baik,kamu bisa menawar dengan lebih murah dan pede.

2.Tawar 1/2 Harga
Kalau barang yang kamu incar ini lebih spesifik dan gg pasaran,tawar kira-kira 1/2 harga yang ditawarkan.Jadi kalau penjual ngasih harga 50ribu,langsung tawar 25ribuan.Nah dari harga itu ,pelan-pelan mulai naikan tawaran, sup[aya harga yang disepakati juga gg jauhdari harga penawaran.Mungkin kamu akan dapat harga mentok 35 ribu. Beda kalau kamu langsung nawar 30ribu.

3.Harus Yakin
Saat menyebut harga tawaran, harus yakin dan tanpa ragu. Kalau kamu menyebut dengan suara pelan dan gg yakin, penjual tau kalau kamu hanya basa-basi doang nawarnya.

4.Cultural Approach
Pakai deh bahasa sama kaya penjual pada waktu tawar-menawar, kalau kamu tak bisa minta bantuan temanmu yang bersuku sama. Karena merasa punya kedekatan atau kesamaan, biasanya penjual mau nurunin harga lebih banyak.

5.SKSD
Ajak si penjual ngobrol. Tanya tentang situasi pasar, dagangan yang paling laku, dsb. Kalau kamu bisa mengambil hatinya pasti ada harga special buat kamu.

6.Jangan Mupeng
Pasang tampang tertarik, tapi jangan mupeng. Kalau udah satu kali nawar dan udah naikin harga tetapi penjual tetap kekeh, sebaiknya kamu langsung pergi dengan santai. Kalau penjual butuh, dia pasti manggil kamu.Tapi kalau ngga artinya kamu sudah tau harga matinya dan bisa cek di toko lain

7.Tetep Sopan
Jangan menawar harga dengan ketus dan bernada meremehkan penjual. Yang ada si penjual malah malas menjual barangnya kekamu dengan harga berapapun.

8.Take it or Leave it
Kalau kita sudah tau kualitas barang dan standar harga di pasaran, tapi si penjual gg setuju dengan tawaran kita, tinggal pilih, take it or leave it. If you take it , jangan nyesel kalau nantinya nemuin barang yang lebih murah, heheeee ,.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar