Rabu, 28 November 2012

Resensi Novel 5 CM


Tanggal 17 Agustus,
Di puncak tertinggi Jawa,
5 sahabat, 2 cinta, sebuah mimpi
Mengubah segalanya


Judul buku       : 5 Cm

Penulis            : Donny Dhirgantoro
Penerbit          : PT Grasindo
Tebal buku       : 381

SINOPSIS :
Buku 5cm ini menceritakan tentang persahabatan lima orang anak muda yang bernama Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta.Dimana mereka memiliki obsesi dan impian masing-masing.
Arial adalah sosok paling ganteng diantara mereka, berbadan tinggi besar, kemana-mana selalu pakai sepatu basket, Arial selalu tampak rapi dan sporty.Riani adalah satu-satunya wanita di kelompok ini, ia cantik, berkacamata dan cerdas. Cita-citanya yaitu bekerja di salah satu stasiun tv.Zafran seorang picisan yang berbadan kurus dengan potongan rambut yang gondrong samping dan depan, seorang anak band, apa adanya dan kocak.Ian memiliki postur tubuh yang tidak ideal, penggila bola dan penggemar Happy Salma.Dan yang terakhir Genta yang selalu dianggap “The Leader” oleh teman-temannya, berbadan agak besar, berkacamata, aktivis kampus dan teman yang easy going.

Berawal dari pertemanan semasa SMA di sekolahnya, takdir mempersatukan mereka.Satu cewek dan empat cowok.Lima sahabat ini telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Mereka yang pada dasarnya adalah anak baik-baik yang suka film, music, chatting, dan suka khilaf.Suatu ketika mereka jenuh dengan  aktivitas yang selalu mereka lakukan bersama.Terbersit ide untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan, ide tersebut pun disepakati.Selama tiga bulan berpisah banyak kejadian penting yang mereka alami. Tiga bulan berpisah itulah yang membuat hati mereka semakin kaya dari sebelumnya, dan semakin mengerti apa arti persahabatan.
Pertemuan selama tiga bulan yang dipenuhi rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan.Dalam perjalanan tersebut mereka menemukan arti manusia sesungguhnya.

Perubahan itu mulai dari pendidikan, karir, idealisme, dan tentunya love life, semua terkuak dalam sebuah perjalanan ‘reuni’ mereka mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru.Dan disanalah cerita bergulir, bukan hanya seonggok daging yang dapat berbicara, berjalan, dan punya nama. Tapi sekelompok anak muda yang punya impian dan berusaha keras untuk menggapai mimpi tersebut.

Setengah dari buku 5cm ini menceritakan tentang keseharian mereka, sifat-sifat mereka yang berbeda satu sama lain sampai dengan perilaku dan aktivitas mereka yang penuh canda tawa, diselingi permasalahan antar sahabat.Setengahnya lagi buku ini bercerita tentang pertualangan mereka mendaki gunung Semeru.

“…Biarkan keyakinan kamu 5centimeter menggantung mengambang didepan kamu. Dan sehabis itu kamu hanya perlu kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas , lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yang akan selalu berdoa…”

ANALISIS INTRINSIK

Tokoh dan Penokohan

1.      Arial          : Didalam novel arial digambarkan sebagai orang yang sporty, selalu tampil rapi  dan simple, tapi ia kebanggaan seluruh tongkrongan karena Cuma dia yang bisa tenang, pembawaannya banyak senyum dan jarang khilaf

2.      Riani          : Satu-satunya cewek dikelompok ini, Riani adalah gadis berkacamata, cantik, cerdas dan mengutamakan prestasi. Pribadi yang memiliki kharisma, selalu dominan dimana-mana, cerewet dan tidak mau kalah dengan siapapun juga. Seorang aktivis kampus yang gemar membaca dan suka berdebat.Ngobrol sama Riani nggak boleh sok tau karna dia hamper tau segalanya.
3.      Zafran       : Seorang penyair yang selalu bimbang, pandai membuat puisi dan pintar,  punya kelakuan yang berantakan, yang katanya “standar seniman”.Zafran adalah orang yang akan bilang apa aja yang dia mau bilang, agak seklek dan kocak.
4.      Ian             : Ian adalah tokoh yang gila bola,memiliki badan bengkak dan bisa membuat teman-temannya tertawa. Pecinta Happy Salma dan Indomie.Selain itu Ian juga gemar mengoleksi film orang dewasa (17tahun ke atas)
5.      Genta        : Didalam novel Genta adalah pemimpinnya. Diam-diam Genta sangat mengagumi Riani, Ia adalah pribadi yang peduli terhadap orang lain yang lebih mementingkan orang lain dibanding dirinya sendiri,Genta adalah sosok yang baik, seorang aktivis kampus dan sangat dikagumi teman-temannya.

TEMA
Persahabatan lima anak muda yang mempunyai kekuatan dan keajaiban mimpi dan keyakinan

LATAR BELAKANG
Tempat            : Jakarta , rumah Arial, Stasiun Senen, kampus, sekolahan SMA, kantor, gerbong kereta, Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, Madiun, Stasiun kereta api Blitar, Stasiun Malang, terminal Arjosari, Tumpang, dalam angkot, diatas jip, Ranu Pane, Ranu Kumbolo, puncak Mahameru.
Waktu              : Setiap saat (pagi sampai malam)
Suasana           : menyenangkan, menegangkan, mengharukan.

SUDUT PANDANG
Sudut Pandang adalah cara atau pandangan pengarang sebagai sarana untuk menyajikan tokoh, tinsakan, latar dan berbagai peristiwa yang membentuk cerita. Dalam novel 5centimeter sudut pandng yang digunakan adalah orang ketiga tunggal.

AMANAT
·         Kita harus menambahkan keyakinan pada diri kita bahwa tidak ada yang tidak bisa di dunia ini kecuali keyakinan yang menganggap bahwa kita tidak dapat melakukan hal tersebut.
·         Jangan menganggap kritik sebagai suatu serangan. Kalau kita dikritik buat cetak biru dipikiran kita kalau kritik itu adalah pengorbanan dari seseorang yang mungkin telah mengorbankan rasa ngga enaknya sama kita, entah sebagai teman atau rekan kerja.Tapi sebenarnya semata-mata untuk membuat diri kita lebih baik
·         Sebaik-baik manusia dalam hidupnya adalah manusia yang bisa memberi manfaat bagi orang lain bukan orang yang mementingkan diri sendiri.
·         Jangan menjadi manusia yang diatur oleh keadaan dan merasa kalah dengan keadaan.Tapi jadilah manusia yang beranggap bahwa dirinyalah yang harus mengatur keadaan, bukan dirinya yang diatur oleh keadaan.
·         Tuhan memberi kebebasan kepada setiap manusia untuk memilih.Selanjutnya tinggal masalah pilihan.Itulah mengapa Tuhan saying sama mahluknya.Ia menjaga tingkat ketidakpastian-Nya, supaya kita belajar tentang apa saja hingga akhirnya kita bermuara pada-Nya.Sesungguhnya manusia memang diberi kebebasan memilih.Memilih dipersimpangan-persimpangan kecil atau besar dalam sebuah Big Master Plan yang diberikan Tuhan semenjak kita lahir.
·          Terimalah dengan apaadanya kekurangan dan kelebihan yang dimiliki sahabat kita.Tidak semua orang memiliki nilai plus seutuhnya.Nilai plus tersebut pasti selalu didampingi dengan nilai minus. Tinggal bagaimana cara kita sebagai teman untuk menutupi kekurangan shabat kita.

GAYA BAHASA
Bahasa yang digunakan dalam novel 5centimeter adalah bahasa yang mengikuti perkembangan zaman sekarang (modern) dan sesuai dengan kondisi anak muda sekarang sehingga novel 5centimeter ini mudah diterima dan disukai

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN NOVEL
  • Kelebihan Novel
Kelebihan novel ini adalah ceritanya yang menarik, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, dan alur ceritanya yang tidak membosankan. . Pesan moral yang disampaikan pun sangat baik sehingga memotivasi pembaca agar bisa mengejar impian mereka dan membuatnya jadi nyata. Dalam novel ini sangat banyak memuat hal yang berkaitan dengan jiwa para generasi muda, filosofi, idealisme, dan terutama musik. Nuansa jiwa muda sangat kentara di 5 cm, semangat dan tekad yang selalu membara mengiringi setiap langkah kumpulan sahabat dalam novel ini. Sekelompok manusia yang tidak hanya hidup berfoya-foya tetapi meresapi makna kehidupan yang mereka jalani. Sebuah novel yang dapat menambah motivasi dan kepercayaan diri untuk bisa meraih impian dengan bekal semangat dan tidak kenal lelah.
Penggambaran setting waktu dan tempat yang detail. Apalagi sewaktu penulis menceritakan tentang Mahameru, seakan-akan pembaca dibawa ikut melihat keindahan Ranu kumbolo, Ranu Pane, Padang Edelwies. Bagaimana mencekamnya kalimati dan dibuat merinding sewaktu sang merah putih berkibar di puncak mahameru dan terharu kala Indonesia Raya berkumandang di puncak tertinggi pulau jawa itu.
  • Kekurangan Novel
Cerita akhir novel ini terasa begitu dipaksakan dengan pembentukan keluarga antara sahabat-sahabat tersebut ditambah dengan keturunan mereka yang begitu sama mewarisi sifat-sifat orangtuanya dan semuanya sebaya, seumuran. Bagi saya, akhir cerita di novel ini terlalu naif.

Quotes
“Kalau kita yakin sama sesuatu, kita Cuma harus percaya,
terus berusaha bangkit dari kegagalan,
jangan pernah menyerah dan taruh semua keyakinan, mimpi, cita-cita dan harapan kamu itu di sini,
jangan menempel di kening, menggantung, mengambang 5 centimeter di depan kening kamu.Jadi dia ngga akan pernah lepas dari mata kamu.
Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari dan percaya bahwa kamu bisa.”
Dan novel 5 centimeter ini akan segera difilmkan dan dengar-dengar akan  tayang sebentar lagi tanggal 12 Desember 2012. Penasaran mau liat filmnya ? mau lihat keindahan Mahameru puncak tertinggi di Jawa ?. So, jangan sampai ketinggalan guys !

Referensi :















Tidak ada komentar:

Posting Komentar