Selasa, 03 Januari 2012

Cara Menghilangkan Komedo

Siapapun di dunia ini pasti tidak ingin memiliki komedo ataupun jerawat di wajahnya. Selain bisa merusak penampilan, komedo juga bisa menurunkan kepercayan diri.Menurut para ahli, komedo merupakan tahap pertama dari jerawat sebelum bakteri masuk ke pori-pori kulit yang menyebabkan infeksi atau peradangan. Masalah ini biasanya mulai ada setelah masa remaja, ketika hormon mulai mempengaruhi tubuh dan kulit.Kelebihan hormon ini mengakibatkan stimulasi dari kelenjar minyak, sehingga produksi minyak berlebih di pori-pori kulit. Kelebihan minyak tersebut semakin lama akan menutup pori-pori dan ketika terkena udara akan menjadi hitam. Komedo bisa muncul pada semua jenis kulit, namun lebih banyak terjadi pada kulit berminyak.Meskipun terdapat banyak pengobatan dan krim yang bisa digunakan untuk menghilangkan atau mencegah komedo, beberapa orang justru menghindari menggunakannya. Untuk itu tidak ada salahnya mencoba perawatan alami dalam mengatasi komeo yang mengganggu.

Penyebab Utama Jerawat dan Komedo

Komedo yang sekilas merupakan hal sepele, ternyata juga bisa sangat mengganggu bagi sebagian perempuan. Ahli gizi RSUDAM Asep Jalaludin Saleh, S.K.M. mengatakan, untuk menghindarinya perlu mengetahui apa penyebab utama timbulnya komedo maupun jerawat.

1.    Faktor keturunan. Keluarga yang mempunyai kadar minyak pada kulit yang berlebih di wajah bisa menurunkan gen dengan kulit wajah berminyak pula. Di mana, wajah yang berminyak dapat dengan cepat menimbulkan komedo atau jerawat.

2.    Gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya, kurang tidur, stres, dan banyak mengonsumsi makanan yang berminyak.

3.    Faktor cuaca. Kondisi atau ruangan yang berdebu dapat membuat wajah mudah kotor. Jika malas membersihkan muka, komedo dan jerawat pun tumbuh dengan cepat.

Jenis Komedo

Tipe komedo terbagi dua, white head yaitu komedo kumpulan minyak dan lemak kulit yang keras dan berwarna putih atau kekuningan dan black head, komedowhite head yang menghitam diakibatkan penumpukan kotoran dan debu.

Solusi

Ada beberapa alternatif cara untuk membersihkan komedo, yaitu:

Masker Alami 
  •  Putih telur

Ambil putih telur yang sudah dipisahkan dari kuningnya, lalu kocok. Gunakan kuas halus untuk mengoleskan putih telur pada seluruh wajah (hindari bagian mata dan bibir). Diamkan selama 30 menit hingga kering, bersihkan dengan air hangat dan akhiri dengan bilasan air dingin.

      



  •     Jeruk lemon

Siapkan perasan air jeruk lemon lalu oleskan merata pada wajah dengan kuas halus. Diamkan selama 15 menit hingga kulit terasa kencang. Bilas dengan air dingin agar pori-pori menutup.







  •     Daun kemangi

Tumbuk daun kemangi hingga halus dan oleskan sebagai masker di bagian wajah yang berkomedo. Diamkan 15-20 menit dan bilas dengan air dingin.
    












  •  Pilih pembersih wajah yang mengandung scrub

Agar hasilnya lebih optimal, pilih pembersih yang bertuliskan no blackheads agar bisa mengangkat sel kulit mati secara maksimal.
  •       Facial wajah minimal 2 kali seminggu

Perawatan ini memiliki nilai lebih karena komedo akan diangkat secara medis dan lebih steril, sehingga kita nggak perlu takut adanya sisa-sisa komedo yang menempel.
  •  Cucilah muka dengan campuran air garam.

Tambahkan satu sendok makan garam dengan 8 ons air hangat. Garam akan membantu mengurangi minyak yang berlebih, dan menghilangkan komedo.
  • Usapkan dengan pasta gigi

Ambil sedikit pasta gigi dan usapkan pada bagian yang berkomedo. Ini akan membantu mengurangi peradangan akibat komedo dan mengurangi kadar minyak berlebih, pastikan yang digunakan adalah pasta gigi bukan gel.
  • Gosok menggunakan batu es

Menggosok daerah berkomedo dengan batu es selama 10 menit, ini akan membantu mengencangkan atau menutup pori-pori dan mencegah debu atau mengurangi tempat untuk minyak tetap tinggal dikulit.

Dengan menggunakan cara yang alami, Anda tidak perlu takut terhadap efek samping yang akan ditimbulkan karena tidak mengandung zat kimia apapun. Selamat mencoba.

                 www.citacinta.com
                 http://www.radarlampung.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar