Rabu, 04 Januari 2012

Serba-serbi Setelah Lulus

Stelah lulus, rasanya nggak sabar menunggu hari wisuda, itu sudah pasti. Tapi, sebelom heboh bikin kebaya dan asyik menyusun CV, ada beberapa hal penting yang sebaiknya kita urus, nih—apalagi kalau kita akan segera balik ke kota asal.
  • Urus Transkrip

Sebagian kampus ada yang bisa memberikan mahasiswanya beberapa lembar transkrip asli—meski harus bayar lebih. Tapi jika kampus kita cuma ngasih satu transkrip, jangan lupa fotokopi yang banyak dan minta dilegalisir—percaya, deh, akan sangat dibutuhkan saat melamar kerja. Jangan lupa juga meminta transkrip versi bahasa Inggris. Siapa tahu, kita butuh saat melamar ke perusahaan multinasional atau untuk mengajukan beasiswa.
  • Laminating Ijazah

Selain transkrip, sudah pasti ijazah juga harus banyak difotokopi, legalisir dan laminating biar nggak gampang rusak. Jangan sampai, deh, ijazahnya bolong-bolong digerogotin rayap, he he he. Ijazah yang sudah di-laminating tentu lebih terjamin keutuhannya seandainya rumah kita kebanjiran—pas panik karena air masuk ke rumah, mana kepikiran buat menyelamatkan ijazah, kan?
  • Kembalikan Buku Perpus

Jangan sampai, deh, ijazah atau transkrip nilai kita ditahan pihak kampus cuma gara-gara ada buku perpus yang lupa kita balikin.
Ada buku yang hilang? Jangan malah pura-pura nggak tahu—percuma, nama kita, kan, tercatat di database. Mending ngobrol sama pihak perpus untuk mencari jalan tengahnya. Jika memang diharuskan mengganti, mau nggak mau ya harus rela keluar uang. Belajar bertanggungjawab, lah....
  • Lunasi Utang

Entah ke teman, ke penjual makanan di kantin, ke tukang fotokopi, dan lainnya. Kesannya memang sepele, apalagi jika jumlah utangnya juga kecil. Tapi jika nggak dilakukan, kita akan meninggalkan nama buruk. Nggak mau, kan, jadi bahan omongan di belakang ,.
Referensi : www.citacinta.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar